Wisata Rivertrekking Curug Blao Bogor

Curug Blao, keindahan curug alami khas kota Hujan Bogor…

Curug Blao, sekilas cerita…

Bagi sebagian orang, mencari liburan tanpa dipusingkan dengan kemacetan adalah hal penting. kenapa ? karena sekarang ini, hari libur identik dengan macet.

Nah, karena libur yang saya miliki hanya satu hari dalam seminggu, maka liburan yang singkat ini haruslah dipergunakan semaksimal mungkin.

Mencari tempat wisata seperti itu susah-susah gampang. Tempat wisata dengan lokasi bersih-alami-jauh dari keramaian-bebas polusi-sepi pengunjung-membuat pikiran tenang-puas lahir & batin jarang sekali ada di daerah jabodetabek, kalaupun ada itu pun di luar kota (dengan biaya mahal).

namun sekarang saya tahu dimana lokasinya. Tempat itu adalahhh ENG ING ENG … Curug Blao.

Berlokasi di daerah Megamendung Bogor dengan waktu tempuh setengah jam dengan berkendara dari kota Bogor, membuat kawasan curug blao mudah diakses, namun sedikit orang tau bahkan warga bogor sekalipun.

Curug Blao masuk dalam kawasan Wisata Curug Panjang. Ada 3 curug di sini. Curug Panjang, Curug Blao, dan Curug Naga. 2 curug terakhir dikelola oleh 2 instansi yang berbeda, namun memiliki paket wisata yang sama : Penelusuran Sungai atau Rivertrekking. karena wisata inilah kami datang. Lalu kenapa hanya Curug Panjang yang tidak ada wisata rivertrekking ? karena Curug Panjang lokasinya persis di bawah pintu masuk pos. sedangkan 2 lainnya harus dilalui dengan berjalan kaki melewati sungai. Jadi, yuk mari kita cuss…

Wisata Rivertrekking Curug Blao Bogor

Pertama-tama kami registrasi. Sesuai prosedur, semua peserta wajib memakai life jaket selama trekking. Kami mulai dari pukul 9 pagi hingga 2 siang, melalui 3 leuwi yang berada di jalur penelusuran. Di beberapa bagian, kedalaman sungai mencapai 50 cm, paling dalam 1 ,2 meter. Cukup aman dengan kondisi life jaket terpasang.  20 menit trekking, kami sampai di leuwi pertama, airnya cukup deras namun bersih, jernih, dan menyegarkan. Saya mengeluarkan kaki katak untuk duckdive. Fins ? ya, saya ingin coba untuk lihat ke dalam seperti apa sich kondisinya. saat duckdive, kondisi dasarnya bersih dengan batu-batu kerikil terhampar di dasar sungai. dan yang paling penting, tidak ada sampah sama sekali ! puas di leuwi pertama, kami ke leuwi kedua dengan kondisi yang tak kalah bagus. Leuwi Orok, hijau menyegarkan.

curug blao

Hingga akhirnya sampailah kami di Leuwi terakhir dan destinasi utama : Curug Blao. ternyata lokasi curug tersembunyi di sisi dalam leuwi. Kami harus melipir dan memanjat ke atas batu untuk dapat melihat dengan jelas. dan ini tantangan bagi saya dan kawan-kawan lainnya. beberapa ada yang berani, beberapa hanya melihat dan memberi semangat. Dari atas kami bisa meloncat ke bawah, kondisi aman karena dalamnya 4 meter dan semua memakai life jacket (sekali lagi saya melepas life jacket, dan duckdive ke dasar. Jernihnya minta ampun !) .

curug blao

Trip segera berakhir, dan dipastikan, hari ini berakhir dengan menggembirakan. 

Setelah selesai, kami kembali ke pos pertama untuk ganti baju dan makan siang. Waktu sudah menunjukkan pukul 04 sore. pak supir sepertinya sudah menunggu untuk mengantarkan kami lagi ke kota bogor. Saya menggumam dalam hati ,”besok kesini lagi ahhhhhh.”


OPEN TRIP IDR 275,000/Orang (MINIMAL 10 PAX)


HARGA TERMASUK :

▪ Transportasi Stasiun Bogor – Lokasi (angkot)
▪ Perlengkapan Rivertrekking

▪ Guide Lokal & Guide TripSantai
▪ Meals 1x
▪ Tiket masuk Air Terjun Blao

HARGA TIDAK TERMASUK :
▪ Tipping guide wajib (nominal seiklasnya)
▪ Pengeluaran pribadi


ITINERARY

09.30 – 09.45 Meeting Point St Bogor
09.45 – 10.00 Perjalanan St Bogor – Post Trekking Curug Blao

10.00 – 10.30 Persiapan River-Trekking
10.30 – 15.00 Wisata River-Trekking Air Terjun Blao ( dalam perjalanan, makan siang)
15.00 – 16.00 Bersih – bersih dan persiapan kembali ke Meeting Point


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *