Museum Baru di Banten, Museum Multatuli

DAFTAR ISI

Perjuangan Multatuli dalam menegakan keadilan sejak 150 tahun lalu sampai sekarang, telah menjadi sejarah yang tak pernah usang di makan waktu di wilayah Kabupaten Lebak. Berpijak pada catatan sejarah itu lah, Pemkab Lebak dengan dukungan dari Kerajaan Belanda merencanakan pembangunan Museum Multatuli, yang merupakan tempat bersejarah bekas rumah tokoh Kerajaan Belanda.

Keinginan Pemerintahan Belanda yang akan membangun Museum Multatuli di rumah Multatuli mendapat sambutan baik dari Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak. Hal ini mengingat Kabupaten Lebak kental dengan sejarah keberadaan Douwes Dekker di Kabupaten Lebak.

kantor-multatuli

Kepala Bagian humas dan Komunikasi Setda Lebak, Eka Prasetiawan menjelaskan bahwa hal Ini menjadi penting agar generasi muda belajar sejarah, baik sejarah negerinya maupun sejarah kampung halamannya sendiri.

β€œKetika kita semua memahami sejarah, semestinya pula kita bisa memahami apa tugas kita yang hidup dihari ini untuk merancang hari depan yang lebih baik” Ujar Eka. Menurutnya, Museum multatuli siap menerima seluruh koleksi-koleksi yang ada di rumah kelahiran Tokoh Belanda yang pernah menjadi Assisten Residence Kabupaten Lebak tesebut.

Eka juga menjelaskan dalam konsep penataan ruang yang terindegrasi dengan pemeirntahan, alun-alun Rangkasbitung, perpustakaan dan museum ini dalam prespektif Lebak dimasa depan, akan memiliki fungsi stategis diataranya menjadi ikon Lebak bagi Indonesia bahkan Internasional, selain itu bisa menjadi pusat literasi dan informasi sejarah lebak, tempat pelestarian koleksi sejarah dan bisa menjadi alternative destinasi wisata.

Sementara menurut Penyelenggara simpusium dan Pimpinan Redaksi Majalah Historia, Bonnie Triana, roman yang ditulis Eduard Dowes Dekker yang pernah bekerja dan tinggal di Lebak selama 3 Bulan diawal tahun 1856 ini mampu membangkitkan nasionalisme bangsa, bahkan banyak tokoh yang terinspirasi oleh roman ini.

sumber berita

0 0 votes
Rating Trip
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
dini wahyuningtias
dini wahyuningtias
2022-01-16
Bisa custom itin dan kebutuhan lainnya sesuai keinginan peserta, tanya2 dl pun dilayani dengan ramah. Trip pribadi, family dan corporate semua bisaaa... Thx trip santai πŸ‘πŸ‘
Yoko Andika Gumilang
Yoko Andika Gumilang
2021-11-14
Dwi gianjar Yudhantoro
Dwi gianjar Yudhantoro
2021-11-13
K3 - Muhammad Fahrizal
K3 - Muhammad Fahrizal
2021-11-10
Keren banget eo nya 😻
Daffa Pramudya
Daffa Pramudya
2021-11-09
Raditya
Raditya
2021-11-09
Salsabilla Cleopatra
Salsabilla Cleopatra
2021-11-09
Aurellya Yunus
Aurellya Yunus
2021-11-09
Natalia Kristiani
Natalia Kristiani
2021-11-08
Kang eo nya mantap, membantu sekali waktu nyari narasumber, apalagi buat kelompok aku yg anggotanya sama sekali gabisa bahasa sunda. Makasih kang 😁😁
Bella Syakirah
Bella Syakirah
2021-11-08
WhatsApp