Kunjungi 6 Pantai Terbaik di Lombok ini !

DAFTAR ISI

Bagi Kalian yang senang berlibur ke pantai, pasti sudah pernah mendengar tentang keindahan pantai-pantai di Lombok. Yup! Pantai-pantai di Pulau Lombok memiliki rata-rata memiliki karakteristik pasir putih dengan air laut yang sangat jernih. Sebagai bonus, pantai-pantainya pun relatif tidak terlalu ramai. Sangat sempurna untuk menjadi destinasi sweet escape Anda bersama keluarga ataupun kekasih.

1. Pantai Tanjung Ringgit

tanjung ringgit

Salah satu pantai terindah di Lombok yang belum terlalu dikenal adalah Pantai Tanjung Ringgit. Bahkan, tidak semua penduduk Lombok mengetahui keberadaan pantai ini. Pantai Tanjung Ringgit terletak di ujung tenggara Pulau Lombok, tepatnya di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, 85 km dari Kota Mataram. Tanjung Ringgit ini β€œdipagari” oleh bentangan tebing kars. Tebing Kars ini menghadap langsung ke perairan Samudra Hindia. Dari puncak tebing, Anda akan disuguhi pemandangan indah laut biru dengan deretan terumbu karang. Di sisi barat, terdapat pantai yang masih perawan. Namun Anda harus berhati-hati untuk ke sana karena jalan setapaknya cukup terjal dan berbahaya. Pemandangan paling mempesona dari Tanjung Ringgit saat sunrise. Jika Anda ingin menunggu matahari terbit, Anda bisa kok berkemah di Tanjung Ringgit! Namun, Anda harus membawa peralatan camping, bahan makanan dan minuman karena tidak ada warung di sekitar Tanjung Ringgit ini. Asyik, kan

2. Pantai Senggigi

pantai senggigi

Salah satu pantai terindah di Lombok yang sangat dikenal adalah Pantai Senggigi. Pantai Senggigi berada di pesisir barat Pulau Lombok. Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang dengan warna pasir yang bergradasi dari hitam ke putih. Ombaknya tenang dan airnya pun jernih dan bersih. Di Pantai Senggigi, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas, mulai dari berenang, berjemur, bermain, dan juga snorkeling. Karakteristik ombak Pantai Senggigi yang cenderung tenang membuat snorkeling lebih mudah, termasuk bagi para pemula. Di musim tertentu, surfer pun dapat berselancar di Pantai Senggigi. Di sepanjang Pantai Senggigi juga terdapat aneka wisata kuliner. Dari Bandara Internasional Lombok, Anda hanya perlu menempuh waktu sekitar 2 jam untuk mencapai Pantai Senggigi.

3. Pantai Selong Belanak

pantai selong belanak

Pantai terindah di Lombok lainnya adalah Pantai Selong Belanak. Pantai ini terletak di selatan Lombok bagian tengah provinsi Nusa Tenggara Barat, 49 km dari kota Mataram. Garis pantainya melengkung seperti bulan sabit dengan bukit-bukit di ujung sabit. Pantai Selong Belanak memiliki garis pantai sepanjang 1 km dan menghadap langsung ke Samudra Hindia. Sisi selatan Pantai Selong Belanak menjadi tempat pemukiman keluarga nelayan. Bagi para wisatawan, lebih nyaman bermain di sisi utara pantai. Pasir pantainya putih bersih dan halus, konturnya landai, dan perairannya tenang dengan air yang jernih. Jika Pantai Tanjung Aan memiliki dua jenis pasir, maka Pantai Selong Belanak memiliki dua jenis ombak. Di satu sisi pantai ombaknya besar, sementara di sisi pantai lain ombaknya tidak besar. Sisi pantai dengan ombak yang besar sering dimanfaatkan wisatawan untuk berselancar. Di Pantai Selong Belanak, Anda juga dapat berjemur, berenang, atau menyewa perahu nelayan untuk memancing. Di bagian belakang pantai, Anda dapat menjumpai deretan rumah makan yang menyediakan aneka menu seafood.

4. Pantai Kuta Lombok

pantai kuta lombok

Pantai Kuta bukan hanya ada di Bali, Lombok pun memiliki Pantai Kuta. Pantai Kuta Lombok berlokasi di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Pantai Kuta Lombok memiliki garis pantai sepanjang 7,2 km. Pasirnya berwarna putih bersih dan memiliki butiran seperti merica. Pantai Kuta ini dikelilingi perbukitan. Di sebelah barat pantai terdapat sebuah bukit yang bernama Bukit Mandalika. Nama ini diambil dari cerita kuno masyarakat setempat tentang Putri Mandalika. Dari Bukit Mandalika, Anda dapat memandang keindahan seluruh Pantai Kuta dengan terumbu karangnya dan air lautnya yang bening.Β 

5. Pantai Tanjung Bloam

pantai tanjung bloam

Pantai Tanjung Bloam terletak di sebelah selatan Pulau Lombok. Tanjung Bloam ini lebih dikenal sebagai tempat konservasi penyu. Penyu-penyu itu berhabitan di sekitar tebing di sepanjang garis pantai dari utara sampai selatan. Pantai Tanjung Bloam ini sangat indah dengan pasir putih dengan laut biru yang jernih. Pantainya diapit oleh tebing-tebing batu cadas yang eksotis. Batu-batu cadas berwarna kuning dengan sedikit hitam tampak sangat kontras dengan birunya laut. Ombak di Tanjung Bloam cukup besar, maka para wisatawan wajib berhati-hati saat di sana agar tidak terseret arus. Untuk mencapai Tanjung Bloam, Anda harus menempuh jalur yang cukup berat. Tanjung Bloam memiliki lokasi yang tersembunyi di balik hutan jati dan bukit di Dusun Tangsi, Desa Temeak, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Anda harus melewati hutan dengan jalan yang berlumpur dan tak rata. Namun, semua usaha keras Anda akan terbayar saat melihat indahnya Pantai Tanjung Bloam.

6. Pantai Sekotong

pantai sekotong

Pantai Sekotong terletak di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, sekitar 60 km dari Kota Mataram. Dari Pelabuhan Nusa Penida, Anda dapat naik perahu menuju Pantai Sekotong selama sekitar 3 jam. Pantai Sekotong ini dikelilingi kawasan perbukitan. Pantainya berpasir putih bersih dengan laut biru yang jernih. Anda dapat menaiki bukit-bukit kecil yang ada di sekitar Pantai Sekotong. Dari atas bukit, Anda dapat menikmati pemandangan alam yang sangat cantik, Gunung Agung di Bali, dan gugusan pulau kecil di seberang laut. Wisatawan juga dapat menikmati keindahan aneka biota laut yang dibudidayakan oleh Balai Budidaya Laut Lombok. Anda dapat menjumpai aneka biota laut seperti abalone, ikan kerapu, lobster, teripang, dan lain-lain. Menjelang matahari terbenam, Anda akan disuguhi indahnya pemandangan warna lembayung yang menyirami Pantai Sekotong, bukit-bukit hijau, dan bebatuan karang yang menyebar di pantai. Saat ini Pantai Sekotong sudah dilengkapi dengan berbagai akomodasi seperti hotel dan penginapan.
7. Pantai Tanjung Aan

tanjung aan

Pantai Tanjung Aan terletak sekitar 3 km dari Pantai Kuta Lombok dengan garis pantai kurang lebih sepanjang 2 km. Karakteristik ombaknya relatif tenang. Uniknya, Pantai Tanjung Aan ini memiliki dua jenis pasir, yaitu pasir yang berbentuk butiran merica dan dan pasir putih. Kedua pasir pantai ini dipisahkan oleh sebuah batu karang berukuran besar. Jika Anda naik ke atas batu karang tersebut, Anda dapat melihat perbedaan pasir Pantai Tanjung Aan. Pantai yang dikelilingi perbukitan ini berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Di Pantai Tanjung Aan, Anda dapat berenang, bermain air, naik perahu, dan snorkeling. Di sore, saat permukaan air laut semakin tinggi, Anda dapat berselancar. Walaupun relatif masih sepi, akomodasi di Pantai Tanjung Aan sudah cukup memadai. Terdapat cukup banyak restoran dan fasilitas umum seperti toilet dan mushola.

Nah, tunggu apa lagi ? Yuk ke Lombok Sekarang !

0 0 votes
Rating Trip
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
dini wahyuningtias
dini wahyuningtias
2022-01-16
Bisa custom itin dan kebutuhan lainnya sesuai keinginan peserta, tanya2 dl pun dilayani dengan ramah. Trip pribadi, family dan corporate semua bisaaa... Thx trip santai πŸ‘πŸ‘
Yoko Andika Gumilang
Yoko Andika Gumilang
2021-11-14
Dwi gianjar Yudhantoro
Dwi gianjar Yudhantoro
2021-11-13
K3 - Muhammad Fahrizal
K3 - Muhammad Fahrizal
2021-11-10
Keren banget eo nya 😻
Daffa Pramudya
Daffa Pramudya
2021-11-09
Raditya
Raditya
2021-11-09
Salsabilla Cleopatra
Salsabilla Cleopatra
2021-11-09
Aurellya Yunus
Aurellya Yunus
2021-11-09
Natalia Kristiani
Natalia Kristiani
2021-11-08
Kang eo nya mantap, membantu sekali waktu nyari narasumber, apalagi buat kelompok aku yg anggotanya sama sekali gabisa bahasa sunda. Makasih kang 😁😁
Bella Syakirah
Bella Syakirah
2021-11-08
WhatsApp