11 Pantai Tersembunyi di Bali

DAFTAR ISI

Tak dapat dipungkiri, pantai merupakan aset terbaik Pulau Dewata. Bukan cuma jadi andalan resort mewah atau bar rooftop yang menghadap laut, para pesohor pun memilih menikah di tepi pantai-pantai indah yang ada Bali.

Tapi pernahkah Anda mengetahui kalau ada pantai berpasir hitam di Bali? Atau pantai yang begitu eksklusif dan jadi favorit para selebriti dunia?

Ya, di setiap sudut Pulau Bali terdapat banyak sekali tempat tersembunyi, di mana Anda dapat bersantai menikmati cahaya matahari, bermain pasir, atau berenang di tepi laut jauh dari keramaian.

Bagaimana, tertarik untuk menjelajahi pantai-pantai tersembunyi ini?

1. Pasir Perawan: Pantai Nyang Nyang

Ingin merasakan memiliki pantai pribadi? Berkunjunglah ke Pantai Nyang Nyang!

Pantai berpasir putih ini terlindung oleh tebing yang tinggi, sehingga privasi Anda akan benar-benar terjaga. Jika Anda gemar menjelajah dan ingin mencari kesunyian, maka tempat terpencil di Bali Selatan ini adalah pilihan yang tepat.

Photo via rajusgalapus

Untuk menuju pantai ini Anda harus melalui jalan tanah di dekat Pura Uluwatu dan ikuti papan petunjuk jalan bertuliskan “Nyang Nyang Surfing Beach”.

Photo by ravael saputra

Lalu, Anda akan melintasi persawahan di mana Anda akan menemui warung minuman (satu-satunya di daerah tersebut) sebelum akhirnya menuruni 500 undakan yang menuju langsung ke pantai tersebut.

Memang perjalanan menuju ke pantai ini butuh perjuangan ekstra, namun kami yakin semua itu sangat layak.

Photo via son damix, arymia

Apalagi ketika melihat puing-puing perahu yang terdampar di pantai, pemandangan yang begitu dramatis dan tentunya menarik untuk latar belakang foto, atau mungkin tertarik untuk mengeksplorasinya?

Photo via Edededan.com

Photo via Aryaazura, ikalubis

Dan kalau masih butuh lokasi foto menarik, Anda harus menuju sebuah area lain di pantai ini di mana terdapat hamparan tanaman hijau berhiaskan bunga-bunga berwarna kuning cerah nan memesona!

Photo via edededan.com

Pantai Nyang Nyang

Lokasi: Pantai Nyang Nyang, Jalan Raya Uluwatu, Uluwatu, Bali. Koordinat di sini.
Cara ke Sana: Gunakan mobil atau motor ke Jalan Raya Uluwatu hingga Anda melihat papan tanda jalan bertuliskan “Nyang Nyang Surfing Beach”. Parkir, lalu lanjutkan perjalanan Anda dengan berjalan kaki.

2. Panorama di Cakrawala: Pantai Gunung Payung

Sebagai surga tersembunyi, Gunung Payung termasuk salah satu pantai yang (untungnya) mudah diakses.

Photo via ddgltm

Photo via yhan noer

Hanya sejam perjalanan berkendara dari Kota Denpasar, tepatnya di kawasan Nusa Dua, Anda tinggal mengikuti papan petunjuk jalan untuk menuju ke sini. Setibanya di tujuan, bersiaplah untuk menikmati indahnya panorama samudera di cakrawala.

Photo via-emarthanea

Pantai ini sangat bersih dan tenang, cocok buat Anda ingin melakukan aktivitas yoga di tepi pantai. Kegiatan lain yang dapat Anda lakukan di sini adalah surfing dan snorkeling, atau bahkan sekadar melihat tradisi budaya dan cara hidup masyarakat lokal yang tinggal di sekitarnya.

Photo via-petahdang

Photo via-anggayudatana

Perhatikan petani rumput laut dan pengumpul bulu babi melakukan aktivitas yang biasa mereka lakukan sehari-hari. Tak ada salahnya sesekali mengajak mereka mengobrol, siapa tahu Anda cukup beruntung dan dapat mencobanya langsung.

Photo via pandawabeachkutuh

Pantai Gunung Payung

Lokasi: Jalan Gunung Payung 1, Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung, Bali. Koordinat di sini.
Cara ke Sana: Pantai ini terletak tak jauh dari Pantai Pandawa, sehingga Anda dapat dengan mudah bertanya cara ke sana pada warga setempat. Cara lainnya bisa melalui Pura Gunung Payung, tap bersiaplah untuk melewati anak tangga yang cukup banyak (300 buah!).

3. Destinasi Para Petualang: Pantai Bias Tugel

Dalam bahasa setempat Bias Tugel berarti pantai yang terpotong, karena areal pantai berpasir putih ini tak begitu luas diapit oleh batu karang yang besar di kanan kirinya. Meski tak jauh dari Padang Bai, namun Anda perlu melalui medan yang cukup terjal sejauh kurang lebih 500 meter.

Photo via baligasm

Photo via vladislavfalinskiy

Setibanya di sana, berbagai aktivitas air bisa Anda lakukan dari snorkeling, diving, hingga mengeksplorasi dinding koral yang bergitu indah.

Photo via-rawontheroad

Kondisi air di pantai ini sangat sempurna untuk berenang, bahkan termasuk aman untuk anak-anak. Kalau malas turun ke laut, Andapun dapat berjemur di hamparan pasir yang halus sambil memandang laut yang begitu jernih.

Photo via christovel, dwijanuari

Atau berendam di kolam alami!

Photo via surengrana

Pantai ini tidak seterpencil Pantai Nyang Nyang, jadi Anda akan dapat dengan mudah menemukan berbagai warung yang menjajakan aneka makanan dan minuman.

Pantai Bias Tugel

Lokasi: Pantai Bias Tugel, Jl. Penataran Agung, Padang Bai, Bali. Koordinat di sini.
Cara ke Sana: Ikuti jalan kecil beberapa ratus meter di selatan pintu masuk pelabuhan Padang Bai. Bila melihat tanda bertuliskan “White Sand Beach”, parkirkan kendaraan Anda, dan mulailah perjalanan menuruni bukit menuju Pantai Bias Tugel.

4. Keindahan yang Terbengkalai: Pantai Green Bowl

Disebut Pantai Green Bowl karena saat air laut sedang surut, gugusan karang di sini akan mengurung air yang tertinggal beserta lumut, dan membentuk kolam alami berwarna hijau.

Pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Bali Cliff, karena dulu di dekat pantai ini terdapat Bali Cliff Resort yang kini tinggal sejarah. Lokasinya yang cukup jauh di daerah Ungasan membuat pantai ini kurang populer dan sepi pengunjung, pantas jika kami sebut pantai ini sebagai surga yang terbengkalai.

Meski untuk mencapainya perlu melalui berbagai kelokan dan jalur yang sempit, namun keindahan alam yang ditawarkan tiada duanya.

Sebelum dapat menikmati pasir yang lembut di jemari kaki, Anda harus menuruni ratusan anak tangga yang cukup curam.

Pantai Green Bowl juga terkenal akan gua-gua kecil di sekelilingnya yang dihuni oleh kelelawar. Jika Anda tidak takut dengan mereka, di siang hari Anda dapat masuk dan melihat ratusan kelelawar tidur bergelantungan di dinding gua.

Pantai Green Bowl

Lokasi: Desa Ungasan, Kuta Selatan, Badung, Bali. Koordinat di sini.
Cara ke Sana: Anda dapat melalui jalan menuju arah Pura Uluwatu, lalu tanyakan kepada warga setempat lokasi hotel Bali Cliff.
Tip Travel: Di pagi hari, ombak di sini cukup tinggi (bisa mencapai ujung anak tangga), sehingga kami sarankan Anda datang ke sini siang hari hingga pukul 3 petang saat air laut sedang surut. Dan karena di sekitar areal pantai tidak ada pedagang makanan, sebaiknya Anda bawa beberapa snack dan minuman sendiri.

5. Pemandangan Surgawi: Pantai Atuh

Beralihlah sejenak dari pantai yang biasa dikunjungi dan biarkan pesona Pantai Atuh mengejutkan Anda!

Photo by Jokoleo

Terletak di Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, pantai yang satu ini memiliki pemandangan unik yang tak pernah Anda lihat sebelumnya. Perpaduan antara air laut sebening kristal yang memancarkan warna kebiruan, tebing yang tinggi dan curam, serta pasir yang begitu putih dan halus sungguh luar biasa.

Photo via Manbutur Photography

Tapi yang menjadi daya tarik utama Pantai Atuh adalah hamparan koral nan menawan dan beraneka warna, yang akan tampak jelas pada saat air laut sedang surut.

Photo via-winayasura

Kunjungi dan bersantailah sambil menghabiskan waktu di salah satu pantai terindah di Bali ini. Dan mumpung di sini, abadikan momen istimewa Anda dengan mengambil gambar sebanyak-banyaknya.

Pantai Atuh

Lokasi: Desa Pejukutan, Nusa Penida, Klungkung, Bali. Koordinat di sini.
Cara ke Sana: Anda dapat menyeberang menuju Nusa Penida dari Sanur atau pelabuhan Padang Bai. Dari pelabuhan Nusa Penida, perjalanan dapat dilanjutkan dengan menyewa kendaraan.

6. Taman Rumput Laut: Pantai Geger

Meski berada di kawasan Nusa Dua, tepatnya di antara resort-resort mewah, Pantai Geger tetap menyuguhkan pesona alami yang tak terjamah.

Bahkan, sekeping surga ini kerap dijadikan tempat pelarian para beach-goers yang ingin mencari suasana yang tenang dan sunyi. Dengan lokasi di tengah-tengah kawasan elit, tak heran jika Pantai Geger lebih populer di kalangan para ekspatriat yang tinggal di Bali (terutama di sekitarnya) ketimbang wisatawan pada umumnya.

Sambil menikmati sore yang santai dengan berjemur dan bermain air, jangan lupa untuk mengunjungi areal pembudidayaan rumput laut, di mana tanaman tersebut dipanen untuk dijadikan bahan baku kosmetik dan sebagainya. Anda bahkan dapat melihat langsung para petani menanam atau mengumpulkan rumput laut.

Dengan kondisi air yang tenang dan sebening kristal, Pantai Geger sangat sempurna sebagai lokasi berenang atausnorkeling. Banyaknya rumput laut juga memikat banyaknya ikan-ikan eksotis yang menghampiri area pantai yang lebih dangkal.

Pantai Geger

Koordinat di sini.

7. Privat dan Eksklusif: Pantai Karma Kandara

Ingin mencari pantai eksklusif di mana privasi Anda dapat terjaga?

Pantai Karma Kandara merupakan satu dari sedikit tempat di Bali di mana Anda harus membayar untuk dapat menikmati keindahan alamnya.

Dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 500.000,- Anda dapat menuruni bukit menuju pantai menggunakan lift yang terdapat di Karma Kandara Villa. Biaya tersebut sudah termasuk Rp 350.000,- untuk makan dan minum.

Supermodel Kristy hinze dan aktor Jeremy Piven termasuk di antara selebriti dunia yang pernah menghabiskan waktu di pantai ini, dengan menyewa vila seharga USD 1,400 per malam.

Inilah pantai yang sempurna untuk menikmati keindahan pasir putih dan air laut berwarna turquois, sambil menikmati sajian hidangan Mediterranean yang lezat dan segarnya bir dingin.

Dan dengan latar belakang matahari yang beranjak ke peraduan, Anda pun dapat menyaksikan film di layar lebar di tepi pantai.

Coba, ada berapa pantai yang bisa menawarkan kemewahan seperti ini?

Pantai Karma Kandara

Koordinat di sini.

8. Jejak Legenda: Pantai Soka

Tinggalkan kawasan selatan Bali yang penuh sesak oleh wisatawan dan beranjaklah menuju daerah yang lebih tersembunyi di kawasan timur Bali.

Pantai Soka menyuguhkan pemandangan unik dengan pasirnya yang berwarna hitam serta bebatuan karang yang menghijau tertutup lumut. Dan pemandangan tersebut dibingkai dengan sempurna oleh barisan bukit di satu sisi, serta panorama puncak Gunung Agung nan megah di sisi lainnya.

Photo by Antony Radcliffe

Bagi Anda yang menyukai hal-hal yang berbau mistis dan legenda, Pantai Soka menyimpan banyak rahasia yang pastinya akan membuat Anda kian penasaran.

Di penjuru barat Pantai Soka terdapat batu karang berukuran besar yang disebut Payuk Kebo Iwa. Konon itulah periuk yang digunakan oleh tokoh sakti legendaris Kebo Iwa untuk memasak!

Photo via mfatchur98

Kalau Anda ingin memuaskan hasrat bertualang, area sekitar Pantai Soka yang indah ini juga menarik untuk dijelajahi, termasuk kawasan dengan formasi batu karang yang unik dan juga gua kelelawar.

Photo by Made Suwita

Pantai Soka

Lokasi: Jalan Raya Denpasar – Gilimanuk, Tabanan, Bali. Koordinat di sini.
Cara ke Sana: Dari arah Tabanan, Anda tinggal membawa kendaraan sejauh 25km ke arah barat untuk menuju pantai legendaris ini.

9. Si Hitam yang Memesona: Pantai Amed

Pernahkah Anda membayangkan ada pantai dengan butiran pasir berwarna hitam di Bali?

Photo via: Bali Floating Leaf Eco-Luxury Retreat

Keunikan akibat pasir vulkanis inilah yang menjadi salah satu daya tarik Pantai Amed.

Tapi itu bukan satu-satunya yang membuat pantai di kawasan timur laut Bali ini dijuluki surga yang eksotis.

 Dengan air yang tenang, laguna yang rata serta celah-celah terumbu karang yang cukup indah tak jauh dari daratan, Pantai Amed sangat dianjurkan sebagai spot ideal untuk belajar snorkeling atau menyelam.

Tak perlu khawatir jika Anda memiliki anggaran yang terbatas, karena di area sekitarnya terdapat banyak pilihan akomodasi yang murah meriah.

Dan yang wajib Anda nikmati di sini adalah hidangan lautnya. Mungkin termasuk yang terbaik di seantero Bali. Apalagi disajikan dengan garam laut asli yang diproduksi oleh warga setempat.

Pantai Amed

Koordinat di sini.

10. Tetap Indah Apapun Namanya: Pantai Pasir Putih

Masyarakat lokal menyebutnya Pantai Perasi, sedangkan wisatawan lebih mengenal pantai ini dengan nama White Sand Beach atau Pantai Pasir Putih, dan juga Virgin Beach. Tapi jika Anda bertanya pada warga lokal saat mencari pantai ini, sebaiknya menyebutkan Pantai Perasi, Karangasem.

Meski berjarak hanya 2 jam saja dari Kuta, namun mencari pantai ini agak sulit dikarenakan tempatnya yang tersembunyi, dan Anda harus melalui desa kecil, medan yang sulit, ditambah lagi dengan tidak adanya papan petunjuk.

Tapi bagi Anda yang menginginkan pantai yang sepi, jauh dari keramaian, bersih dan bebas polusi, maka di sinilah tempatnya. Bisa berenang di air yang biru jernih atau menyewa kursi geladak untuk bersantai dan berjemur sambil menikmati makanan dan minuman dari warung-warung di sekitarnya.

Dan saking terpencilnya, sejauh mata memandang Anda tak akan melihat satu vila atau hotel pun di sekitar pantai yang masih asri ini.

Pantai Pasir Putih

Cara ke Sana: Terletak 4 km sebelah timur kawasan Candidasa, Bali Timur, untuk ke pantai ini dari area Kuta Anda harus menuju Sanur. Ambil jalan Kusamba Bypass ke arah Bali Timur. Ikuti jalan pesisir hingga melalui obyek wisata Candidasa. Setibanya di Desa Perasi, Anda dapat bertanya-tanya kepada warga sekitar. Koordinatdi sini.

11. Bebatuan Misterius di Tepi Pantai Yeh Leh

Anda mungkin belum pernah mendengar nama Pantai Yeh Leh di Bali. Ya, pantai ini memang lebih populer di kalangan pemancing.

Terletak di perbatasan antara Kabupaten Jembrana dan Kabupaten Tabanan, pantai ini tidak memiliki pasir putih seperti pantai-pantai wisata di Bali pada umumnya.

Yang ada di bibir Pantai Yeh Leh adalah ribuan bebatuan berbagai ukuran, sebagian di antaranya menghijau karena tertutup oleh lumut. Tak banyak yang tahu dari mana bebatuan misterius ini berasal.

Pantai ini sebetulnya mudah dicapai, dan untuk dapat melihat pesona keunikan Pantai Yeh Leh sebaiknya Anda mengunjunginya saat air laut sedang surut. Tak hanya bisa melihat bebatuan, Anda juga bisa melihat hewan-hewan laut kecil yang terjebak di kubangan antara satu batu dengan batu lainnya.

Dan kalau memungkinkan, datanglah saat menjelang matahari terbenam untuk menikmati pemandangan sekitar pantai yang begitu dramatis.

Full image credit: Kirana Photography, Budi Astawa

Pantai Yeh Leh

Cara ke Sana: Pantai Yeh Leh berada tepat di sisi Jalan Raya Denpasar – Gilimanuk. Koordinat di sini.

Nah, itulah sebagian kecil pantai-pantai tersembunyi favorit kami di Pulau Dewata. Namun kami senantiasa ingin mencari pantai indah lainnya yang belum banyak terjamah. Apakah Anda tahu di mana lagi kami dapat menemukannya? Beritahukan kepada kami!


Sumber Berita

 

0 0 votes
Rating Trip
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
dini wahyuningtias
dini wahyuningtias
2022-01-16
Bisa custom itin dan kebutuhan lainnya sesuai keinginan peserta, tanya2 dl pun dilayani dengan ramah. Trip pribadi, family dan corporate semua bisaaa... Thx trip santai 👍👏
Yoko Andika Gumilang
Yoko Andika Gumilang
2021-11-14
Dwi gianjar Yudhantoro
Dwi gianjar Yudhantoro
2021-11-13
K3 - Muhammad Fahrizal
K3 - Muhammad Fahrizal
2021-11-10
Keren banget eo nya 😻
Daffa Pramudya
Daffa Pramudya
2021-11-09
Raditya
Raditya
2021-11-09
Salsabilla Cleopatra
Salsabilla Cleopatra
2021-11-09
Aurellya Yunus
Aurellya Yunus
2021-11-09
Natalia Kristiani
Natalia Kristiani
2021-11-08
Kang eo nya mantap, membantu sekali waktu nyari narasumber, apalagi buat kelompok aku yg anggotanya sama sekali gabisa bahasa sunda. Makasih kang 😁😁
Bella Syakirah
Bella Syakirah
2021-11-08
WhatsApp