10 Pantai Terindah di Papua

DAFTAR ISI

Siapakah yang belum pernah mendengar tentang keindahan alam Papua? Pulau di ujung barat Indonesia ini memang keindahan alam yang luar biasa, terutama pantai-pantainya. Mungkin selama ini yang akrab di telinga kita hanyalah Raja Ampat, padahal masih banyak pantai indah lainnya. Klikers, berikut 10 pantai terindah di Papua:

1. Pantai Waiwo

Salah satu pantai terindah di Papua tentu saja ada di Raja Ampat. Namanya Pantai Waiwo. Pantai Waiwo ini terletak di Dermaga Waigeo, Pulau Waigeo, Kabupaten Raja Ampat, Irian Jaya Barat. Pantai Waiwo ini memiliki pasir putih yang bersih dengan air laut yang jernih. Begitu jernihnya sehingga Anda bisa melihat ikan-ikan kecil berenang hilir mudik ke sana kemari. Ombaknya juga tidak terlalu besar sehingga aman untuk bermain air. Di Pantai Waiwo ini juga terdapat dua buah dermaga. Ada dermaga kayu di mana Anda bisa duduk-duduk sambil memancing dan menjadi tempat anak-anak penduduk setempat untuk melompat ke laut. Ada juga dermaga apung di mana para wisatawan sering memberi makan ikan dari dermaga ini.

2. Pantai Harlem

Pantai Harlem

Pantai Harlem

Pantai Harlem terletak di Kabupaten Jayapura, Papua, tepatnya di Kampung Tablanusu, Distrik Depapre. Dari Jayapura, pertama-tama Anda harus menempuh medan yang cukup menantang untuk sampai ke Depapre. Dari Depapre, Anda hanya dapat menempuh jalur laut untuk dapat mencapai Pantai Harlem. Pantai Harlem ini memiliki garis pantai sekitar 700 meter. Pasirnya putih bersih tanpa kerikil. Tidak terlalu banyak terumbu karang di perairannya yang jernih. Suasananya teduh berkat pohon-pohon kelapa, bintanggur, dan sagu yang tumbuh di tepi pantai. Di Harlem, penduduk setempat menyediakan fasilitas bagi pengunjung, antara lain pondok dan kamar mandi untuk berganti pakaian. Di Pantai Harlem, Anda juga dapat menemukan sebuah kolam air tawar berjarak sekitar 7 meter dari bibir pantai.

3. Pantai Bosnik

Pantai Bosnik

Pantai Bosnik

Pantai Bosnik atau yang juga dikenal dengan nama Pantai Segara Indah terletak di sisi timur Pulau Biak, tepatnya di Desa Woniki, Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Propinsi Papua. Pantai Bosnik ini dapat dicapai dengan menggunakan ojek motor ataupun menyewa mobil. Pantainya yang berpasir putih sangat indah dengan terumbu karang yang bertebaran. Arus lautnya cukup deras sehingga Anda yang ingin ber-snorkeling di sini harus hati-hati. Pantai Bosnik merupakan pantai yang cukup ramai dikunjungi wisatawan. Di sekitar pantai, banyak saung yang dapat Anda gunakan untuk duduk bersantai sembari menikmati pemandangan pantai dan menyeruput air kelapa muda.

4. Pantai Bakaro

Pantai Bakaro

Pantai Bakaro

Pantai terindah di Papua lainnya adalah Pantai Bakaro. Pantai Bakaro ini terletak sekitar 3km dari Pantai Pasir Putih. Adapun Pantai Pasir Putih merupakan tempat wisata favorit penduduk Manokwari. Pantai Bakaro dan Pantai Pasir Putih ini hanya dipisahkan oleh Kampung Parisido, tempat bermukim sebagian besar masyarakat Biak Numfor. Pantai Bakaro memiliki keindahan nan eksotis. Di Pantai Bakaro, Anda dapat berenang dan juga memancing. Salah satu atraksi wisata yang menarik di Pantai Bakaro adalah atraksi pemanggilan ikan dari laut lepas ke perairan tepi pantai dengan peluit dari kulit kerang di mana ikan-ikan tersebut lalu akan mendekat dan diberi makan.

5. Pantai Tanjung Kasuari

Pantai Tanjung Kasuari

Pantai Tanjung Kasuari

Salah satu pantai terindah di Papua ini berlokasi di Sorong, Papua. Bahkan bisa dikatakan, Pantai Tanjung Kasuari menjadi oase Kota Sorong. Dari Kota Sorong, Anda dapat mencapai Pantai Tanjung Kasuari dengan naik angkot selama sekitar 30 menit perjalanan. Pantai Tanjung Kasuari ini memiliki pasir yang putih bersih dengan air laut yang biru jernih. Di sekitar pantai juga terdapat banyak pepohonan rindang. Laut di Pantai Tanjung Kasuari ini juga cukup aman untuk Anda berenang. Pantai ini selalu ramai dikunjungi saat akhir pekan. Jadi, jika Anda ingin menikmati suasana yang lebih tenang, datanglah di hari biasa.

6. Pantai Amai

Pantai Amai

Pantai Amai

Pantai terindah di Papua yang satu ini juga terletak di Distrik Depapre. Pantai Amai berjarak kurang lebih 50 km dari kota Jayapura. Untuk mengunjungi Pantai Amai, Anda hanya akan dikenakan biaya parkir. Dari area parkir, Anda harus melewati jalan setapak menuju hutan hingga Anda menemukan aliran sungai. Setelah itu, barulah Anda akan melihat Pantai Amai. Sehabis bermain-main air di laut, Anda bisa membersihkan diri di aliran sungai tersebut. Adapun Pantai Amai ini memiliki pasir putih yang sangat lembut dan air laut yang jernih. Di sepanjang pantainya pun ditumbuhi pepohonan rindang.

7. Pantai Yeben

Pantai Yeben

Pantai Yeben

Pantai Yeben terletak di Raja Ampat Papua, tepatnya di Pulau Yeben. Anda dapat mencapai Pulau Yeben dengan menyebrang dari Pantai Cemara selama sekitar 1,5 jam. Pantai Yeben ini memiliki hamparan pasir putih sehalus bedak. Air lautnya yang sangat jernih tampak bergradasi mulai dari biru muda, hijau toska, hingga biru tua. Di perairan Pantai Yeben ini, Anda dapat berenang dan bersnorkeling menikmati keindahan berbagai terumbu karang. Arus airnya cukup tenang sehingga aman untuk berenang dan snorkeling. Adapun Pulau Yeben ini hanyalah pulau kecil yang tak berpenghuni.

8. Pantai Arborek

Pantai Arborek

Pantai Arborek

Masih di kawasan Raja Ampat, Pantai Arborek pun memiliki keindahan yang membuatnya layak digelari sebagai pantai terindah di Papua. Pantai Arborek ini terletak di Pulau Arborek, jaraknya sekitar 1 jam dari ibu kota Kabupaten Raja Ampat, Waisai. Pantai Arborek memiliki panorama alam berpasir putih yang sangat indah. Uniknya, pasir putih ini bukan hanya dapat ditemukan di tepi pantai namun di seluruh Pulau Arborek. Bahkan, rumah-rumah penduduk di Pulau Arborek pun beralaskan pasir putih. Beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan di Pantai Arborek ini adalah snorkeling, diving, dan memancing. Anda juga dapat menonton penduduk setempat melakukan bameti. Bameti ini adalah kegiatan menyusuri pantai yang sedang surut untuk mencari makhluk-makhluk laut yang bisa dimakan. Bameti ini umumnya dilakukan oleh kaum ibu di Kampung Arborek.

9. Pantai Cemara

Pantai Cemara

Pantai Cemara

Pantai Cemara memiliki lokasi yang berdekatan dengan Pantai Waiwo. Pantai ini juga berlokasi di Waisai, ibukota Kabupaten Raja Ampat. Dari pusat kota, Anda dapat mencapai Pantai Cemara ini dalam waktu setengah jam. Bukan hanya hamparan pasir putih dan jernihnya laut biru yang membuat Pantai Cemara ini menjadi salah satu pantai terindah di Papua. Pantai ini semakin memikat dengan adanya pohon-pohon cemara laut yang tumbuh di sekitar pantai.

10. Pantai Tablanusu

Pantai Tablanusu

Pantai Tablanusu

Terakhir, pantai terindah di Papua yang tak boleh Anda lewatkan adalah Pantai Tablanusu. Pantai Tablanusu ini juga terletak di Distrik Depapre. Pantai Tablanusu ini letaknya berlawanan arah dengan Pantai Amai. Pantai Tablanusu ini memiliki keunikan di mana pantainya bukan merupakan hamparan pasir, melainkan hamparan batu-batu kerikil pipih. Anda bisa pijat refleksi gratis dengan berjalan-jalan tanpa alas kaki di bebatuan ini. Perairan di Pantai Tablanusu ini juga sangat bening. Anda bisa berenang, bermain banana boats, dan juga menyelam. Suasana di Pantai Tablanusu ini juga tenang. Jajaran pohon kelapa menambah adem suasana. Keindahan Pantai Tablanusu ini tak lepas dari kebiasaan penduduknya untuk merawat dan menjaga pantai.


Sumber Berita

 

0 0 votes
Rating Trip
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
dini wahyuningtias
dini wahyuningtias
2022-01-16
Bisa custom itin dan kebutuhan lainnya sesuai keinginan peserta, tanya2 dl pun dilayani dengan ramah. Trip pribadi, family dan corporate semua bisaaa... Thx trip santai 👍👏
Yoko Andika Gumilang
Yoko Andika Gumilang
2021-11-14
Dwi gianjar Yudhantoro
Dwi gianjar Yudhantoro
2021-11-13
K3 - Muhammad Fahrizal
K3 - Muhammad Fahrizal
2021-11-10
Keren banget eo nya 😻
Daffa Pramudya
Daffa Pramudya
2021-11-09
Raditya
Raditya
2021-11-09
Salsabilla Cleopatra
Salsabilla Cleopatra
2021-11-09
Aurellya Yunus
Aurellya Yunus
2021-11-09
Natalia Kristiani
Natalia Kristiani
2021-11-08
Kang eo nya mantap, membantu sekali waktu nyari narasumber, apalagi buat kelompok aku yg anggotanya sama sekali gabisa bahasa sunda. Makasih kang 😁😁
Bella Syakirah
Bella Syakirah
2021-11-08
WhatsApp