Belum pernah megang salju?? Nggak usah jauh-jauh ke Eropa atau Amerika, karena ada suatu daerah yang bersalju, cita rasa Asia Selatan dan didominasi orang muslim, lho. Ya, Tempat itu bernama Jammu dan Kashmir,  salah satu negara bagian India. Letak Kashmir berbatasan langsung dengan Pegunungan Himalaya, sehingga musim dingin di Kashmir luar biasa indah. Namun, untuk berlibur kesini tidak harus menunggu saat musim dingin saja kok. Disepanjang tahun Jammu dan Kashmir memiliki banyak pesona menarik lainnya yang layak disebut sebagai surga dunia! Apa sajakah itu?

1. Suasana tenang dan memanjakan mata di Danau Dal.

Danau ini merupakan danau paling terkenal di Srinagar, Ibukota Kashmir. Puas-puasin mengelilingi danau dengan perahu kecil khas Khasmir, Shikara.

[image url=""]https://www.evernote.com/shard/s440/res/74a9a334-99f1-40d3-8169-c56e90abe807[/image]
Shikara via allwonders.com

Tidak hanya itu, di Danau Dal ini juga bisa bermalam dengan Houseboat yang fasilitasnya tak kalah dengan hotel berbintang.

[image url=""]https://www.evernote.com/shard/s440/res/04dfb1f9-a213-40a9-9cb0-56c7434165e7[/image]
(Image via blog.imagedb.com)

2. Gulmarg, tempat ski terbaik untuk sambut salju dengan suka cita!

Yeaaah, saljuuu~ mau main ski, bikin manusia salju, atau mau yang nggak capek? Naik gondola aja.

[image url=""]https://www.evernote.com/shard/s440/res/c44986dd-b90b-4d44-9311-ac28606fe3ed[/image]
ihimalayan.wordpress.com

Jalan menuju Gulmarg 

[image url=""]https://www.evernote.com/shard/s440/res/6a331ebd-dff4-413f-8b76-1e73608a9654[/image]
www.primeholidays.co.in

Naik gondola

3. Kebun Mughal penuh warna-warna cantik!

Tarik nafas dalam-dalam dan bersantai~ Dijamin dikit-dikit bakal jepret sana-sini.

[image url=""]https://www.evernote.com/shard/s440/res/3a170065-66b5-486c-8f97-4944d413d1ac[/image]
jtdytravels.com

Mughal-gardens 

[image url=""]https://www.evernote.com/shard/s440/res/5a4fe162-3273-4e4d-b4ec-506622ee2f76[/image]
namasteindiatrip.wordpress.com

Mughal garden

4. Indira Gandhi Tulip Garden.

Bunga tulip tidak hanya di Belanda saja,lho. Di Kashmir juga ada dan luar biasa indah!

[image url=""]https://www.evernote.com/shard/s440/res/044f36bd-145f-4c8f-8eb2-ae94c36c797f[/image]
www.soulmateholidays.com

Tulip garden 

[image url=""]https://www.evernote.com/shard/s440/res/400adec4-6345-43d9-b9c8-3a2ac5f48a22[/image]
thetravellingvalise.com

5. Menuju ke arah timur Kashmir, Leh.

Batu-batu, danau dan Pegunungan Himalaya menjadikan pemandangan di Leh ini sempurna!

[image url=""]https://www.evernote.com/shard/s440/res/55e69d84-eee8-49f8-84f3-aed960e3f886[/image]
lehladakhtoursindia.com
[image url=""]https://www.evernote.com/shard/s440/res/644e1201-5988-4b75-88b7-442835054069[/image]
Tumblr

6. Pahalgan, surganya pecinta kegiatan outdoor, rafting, hiking semua ada di Kashmir.

Di Pahalgan terdapat sungai yang terkenal bernama Sungai Liddler.

[image url=""]https://www.evernote.com/shard/s440/res/41c35991-b16a-48f6-a9ab-5001cc55d43a[/image]
2nomads1narrative.com

Hiking

[image url=""]https://www.evernote.com/shard/s440/res/ab569333-ccf0-4052-8690-9590cf772fe1[/image]
www.sid-thewanderer.com

Rafting

7. Naseem Bagh.

Sebagai negara 4 musim, Naseem Bagh jadi tempat paling pas untuk dikunjungi saat musim gugur.

[image url=""]https://www.evernote.com/shard/s440/res/d8273919-775d-4319-8369-50b78591816e[/image]
searchkashmir.org
[image url=""]https://www.evernote.com/shard/s440/res/702e978b-b9d3-4990-8149-53fab6f305ac[/image]
pinterest

Wah, benar-benar surga dunia!! Rasanya udah nggak tahan lagi untuk segera kesana. Makanya mulai menabung dari sekarang, biar cepat melihat dengan mata-kepala sendiri dan abadikan momen liburan di Kashmir  di media sosial!

dini wahyuningtias
dini wahyuningtias
2022-01-16
Bisa custom itin dan kebutuhan lainnya sesuai keinginan peserta, tanya2 dl pun dilayani dengan ramah. Trip pribadi, family dan corporate semua bisaaa... Thx trip santai 👍👏
Yoko Andika Gumilang
Yoko Andika Gumilang
2021-11-14
Dwi gianjar Yudhantoro
Dwi gianjar Yudhantoro
2021-11-13
K3 - Muhammad Fahrizal
K3 - Muhammad Fahrizal
2021-11-10
Keren banget eo nya 😻
Daffa Pramudya
Daffa Pramudya
2021-11-09
Raditya
Raditya
2021-11-09
Salsabilla Cleopatra
Salsabilla Cleopatra
2021-11-09
Aurellya Yunus
Aurellya Yunus
2021-11-09
Natalia Kristiani
Natalia Kristiani
2021-11-08
Kang eo nya mantap, membantu sekali waktu nyari narasumber, apalagi buat kelompok aku yg anggotanya sama sekali gabisa bahasa sunda. Makasih kang 😁😁
Bella Syakirah
Bella Syakirah
2021-11-08
WhatsApp